BUAT KAMU YANG TERTARIK JADI ANGGOTA BEM, APA ITU BEM?


Apa itu BEM? Badan Eksekutif Mahasiswa yang disingkat menjadi BEM atau biasa disebut juga dengan Himpunan Mahasiswa Universitas adalah sebuah organisasi intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat pendidikan tinggi atau perguruan tinggi. BEM umumnya dibagi menjadi beberapa departemen untuk menjalankan program programnya.

Peran dan Fungsi dari BEM yaitu:
Peran Badan Eksekutif Mahasiswa di dalam kampus secara umum ialah mengkoordinasi kegiatan kegiatan ekstrakulikuler yang dilaksanakan melalui lembaga atau organisasi kemahasiswaan di dalam kampus. Sedangkan untuk fungsinya, BEM terbagi menjadi 4 fungsi:

1.      Fungsi Aspiratif
Pada fungsi ini, Badan Eksekutif Mahasiswa berperan sebagai penampung serta penyalur aspirasi dan keinginan para mahasiswa.

2.      Fungsi Advokasi
Sebagai Badan Eksekutif Mahasiswa, mereka harus siap membantu jika terdapat mahasiswa yang mempunyai permasalahan mengenai pembayaran SPP atau penangguhan, permasalahan akademik, transparasi pendanaan kemahasiswaan, serta berperan dalam memperjuangkan hak hak mahasiswa.

3.      Fungsi Koordinasi
BEM berfungsi untuk menjadi tempat berkoordinasi dan berkomunikasi berbagai kepentingan UKM serta menjadi jembatan antara aspirasi mahasiswa dengan pihak REKTORAT.

4.      Fungsi Katalisator, Inisiator, dan Fasilitator untuk seluruh mahasiswa.
Sedangkan tugas dan kegiatan dari Badan Eksekutif Mahasiswa ini sangat banyak. Salah satunya yang sangat familiar ialah Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus yang sudah kalian lalui sebelumnya.

Untuk seleksinya sendiri sebenarnya tidak begitu susah. Asal update tentang pendaftarannya, niat yang bulat disertai usaha dan doa yang maksimal, maka seleksi tidaklah sesulit yang kalian bayangkan. Rata-rata pada setiap kampus ada dua tes yang akan dilaksanakan yaitu tes wawancara dan simulasi. Pada tes wawancara, tunjukkanlah seberapa besar minat dan ketertarikkanmu menjadi anggota BEM. Bicara saja apa adanya tapi harus meyakinkan dan semangat. Kakak kakak dari BEM akan senang jika mengetahui kalian begitu berminat pada organisasi tersebut. Manfaatkan sesi tersebut agar dapat bertanya-tanya lebih dalam mengenai organisasi ini. Sementara untuk tes simulasi yang terpenting adalah berani bicara dan aktif. Percaya diri saja ketika tes nanti kalian disuruh berbicara di depan orang banyak. Jika kalian dapat berbicara dengan lancar, itu akan menambah nilai tambah tersendiri untuk kalian.


Nah, itulah sekilas informasi seputar Badan Organisasi Mahasiswa yang bisa saya share dengan kalian. Semoga bermanfaat dan memudahkan kalian untuk masuk menjadi anggota BEM nantinya. Selamat berjuang. Sumber (seputarmahasiswa.com)